Senin, 08 Februari 2010

RPP PENJASKES KLS 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiayata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.1Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator :
1. Menendang dan menahan bola dengan kaki bagian dalam
2. Menendang dengan kaki bagian dalam kea rah sasaran yang telah ditentukan
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menendang, menahan bola dengan kaki bagian dalam dengan benar
2. Siswa dapat menendang bola kea rah sasaran dengan kaki bagian dalam
3. Siswa dapat bermain dengan peraturan yang dimodivikasi
4. Siswa dapat menidentifikasi tendangan dan menahan bola
B. Materi Pembelajaran
Sepak Bola IV
- Menendang dan menahan bola dengan kaki bagian dalam
- Menendang dengan kaki bagian dalam kea rah sasaran yang telah ditentukan
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Identifikasi tendangan dan menahan bola
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Demontrasi
- Part and hole ( bagian dan keseluruhan )
- Resiprocal ( timbale balik )
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menendang dan mengoper bola dengan berpasangan/kelompok menggunakan kaki bagian dalam
- Menendang dengan kaki bagian dalam kea rah sasaran yang telah ditentukan
- bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )


E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka
- Gawang
- Bola
- Tiang bendera
- Stopwatch
- Pluit




F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan tehnik menendang, menahan bola dengan kaki bagian dalamdan menendang kea rah sasaran yang ditentukan dengan kaki bagian dalam

☻ Afektif
- Mainkan sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi, taat pada peraturan, kerjasama dengan satu tim dan tunjukkan perilaku sportif

☻ Kognitif`
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep gerak dalam sepak bola









RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Sumber gerak menendang / mengumpan dari pangkal paha, bentuk gerakan mengayun kaki kedepan arah bola
2. Menendang / mengumpan menggunakan kaki bagian dalam, posisi pergelangan kaki diputar
3. Bentuk gerakan kaki menahan bola mengikuti arah bola
4. Menahan bola menggunakan kaki bagian dalam, posisi pergelangan kaki di putar ke luar
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL:























RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )

1. Bekerjasama dengan teman satu tim
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati guru
5. Menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5









RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana posisi pergelangan kaki saat menendang kaki dengan bagian dalam
2. Dimana perkenaan bola yang benar pada kaki saat melakukan tendangan dengan kaki bagian dalam
3. Bagaimana posisi badan yang benar saat menendang
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.1Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator :
1. Variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas dan bawah pada permainan bola volly
2. Kombinasi teknik dasar pasing atas, bawah, dan smash tanpa awalan
3. Bermain permainan bola volly dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas dan bawah pada permainan bola volly
2. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar pasing atas, bawah, dan smash tanpa awalan
3. Siswa dapat Bermain permainan bola volly dengan peraturan yang dimodifikasi

C. Materi Pembelajaran
Bola Volly IV

C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Demontrasi
- Part and hole ( bagian dan keseluruhan )
- Resiprocal ( timbale balik )
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas dan bawah pada permainan bola volly
- melakukan Kombinasi teknik dasar pasing atas, bawah, dan smash tanpa awalan
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )


E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka
- Bola
- Pluit
- Net






F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas dan bawah pada permainan bola volly

☻ Afektif
- Mainkan Permainan Bola Volly dengan peraturan yang dimodifikasi, taat pada peraturan, kerjasama dengan satu tim dan tunjukkan perilaku sportif

☻ Kognitif
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep gerak dalam sepak bola









RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLLY

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas dan bawah pada permainan bola volly
2. melakukan Kombinasi teknik dasar pasing atas, bawah, dan smash tanpa awalan
3. Bermain permainan bola volly dengan peraturan yang dimodifikasi
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12























RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )

1. Bekerjasama dengan teman satu tim
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati guru
5. Menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5









RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana cara melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar pasing atas dan bawah pada permainan bola volly ?
2. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar pasing atas, bawah, dan smash tanpa awalan ?
3. Bagaimana cara bermain permainan bola volly dengan peraturan yang dimodifikasi ?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.1Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator :
1. Kombinasi teknik dasar pasing ( Dada, Pantul, dan dari atas kepala )
2. Kombinasi teknik dasar menggiring, shoting ( dengan dua tangan dari atas kepala ) dan lay up shoot
3. Bermain permainan dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar pasing (Dada, Pantul, dan dari atas kepala)
2. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar menggiring, shoting ( dengan dua tangan dari atas kepala ) dan lay up shoot
3. Siswa dapat Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

D. Materi Pembelajaran
Bola Basket IV

C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Demontrasi
- Part and hole ( bagian dan keseluruhan )
- Resiprocal ( timbale balik )
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan kombinasi teknik dasar pasing ( Dada, Pantul, dan dari atas kepala )
- Melakukan kombinasi teknik dasar menggiring, shoting ( dengan dua tangan dari atas kepala ) dan lay up shoot
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )


E. Sumber Belajar
- Lapangan Bola Basket
- Bola
- Stopwatch
- Pluit






F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan Kombinasi teknik dasar pasing ( Dada, Pantul, dan dari atas kepala ) dan
kombinasi teknik dasar menggiring, shoting ( dengan dua tangan dari atas kepala ) dan lay up shoot
☻ Afektif
- Mainkan Permainan Bola Basket dengan peraturan yang dimodifikasi, taat pada peraturan, kerjasama dengan satu tim dan tunjukkan perilaku sportif

☻ Kognitif
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep gerak dalam sepak bola









RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Melakukan Kombinasi teknik dasar pasing ( Dada, Pantul, dan dari atas kepala )
2. Melakukan Kombinasi teknik dasar menggiring, shoting ( dengan dua tangan dari atas kepala ) dan lay up shoot
3. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



















RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )

1. Bekerjasama dengan teman satu tim
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati guru
5. Menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5









RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BOLA BASKET

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar pasing ( Dada, Pantul, dan dari atas kepala ) ?
2. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar menggiring, shoting ( dengan dua tangan dari atas kepala ) dan lay up shoot ?
3. Bagaimana cara bermain permainan bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi ?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator :
1. Kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Siswa dapat Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

E. Materi Pembelajaran
Bulu Tangkis IV

C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Demontrasi
- Part and hole ( bagian dan keseluruhan )
- Resiprocal ( timbale balik )
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )


E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka
- Stopwatch
- Pluit
- Net









F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
☻ Afektif
- Mainkan Permainan Bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi, taat pada peraturan, kerjasama dengan satu tim dan tunjukkan perilaku sportif

☻ Kognitif
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep gerak dalam sepak bola









RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN BULU TANGKIS

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8





















RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )

1. Bekerjasama dengan teman satu tim
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati guru
5. Menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5









RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand ?
2. Bagaimana cara bermain permainan Bulu Tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi ?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8



………………………….2007
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092
Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092

NIP. NIP.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator :
1. Kombinasi teknik dasar memegang bad untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar memegang bad untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Siswa dapat Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

F. Materi Pembelajaran
Tenis Meja IV

C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Demontrasi
- Part and hole ( bagian dan keseluruhan )
- Resiprocal ( timbale balik )
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Kombinasi teknik dasar memegang bad untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )


E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka
- Stopwatch
- Pluit
- Net
- Bad









F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan Kombinasi teknik dasar memegang bad untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
☻ Afektif
- Mainkan Permainan Tenis Meja dengan peraturan yang dimodifikasi, taat pada peraturan, kerjasama dengan satu tim dan tunjukkan perilaku sportif

☻ Kognitif
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep gerak dalam sepak bola









RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENIS MEJA

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Melakukan Kombinasi teknik dasar memegang bad untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8
























RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN TENIS MEJA

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )

1. Bekerjasama dengan teman satu tim
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati guru
5. Menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5









RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN TENIS MEJA

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar memegang bad untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand ?
2. Bagaimana cara bermain permainan Bulu Tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi ?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator :
1. Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Siswa dapat Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

G. Materi Pembelajaran
Tennis IV

C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Demontrasi
- Part and hole ( bagian dan keseluruhan )
- Resiprocal ( timbale balik )
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )


E. Sumber Belajar
- Ruang terbuka
- Stopwatch
- Pluit
- Net
- Bola Tennis









F. Penilaian
2. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
☻ Afektif
- Mainkan Permainan Tennis dengan peraturan yang dimodifikasi, taat pada peraturan, kerjasama dengan satu tim dan tunjukkan perilaku sportif

☻ Kognitif
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep gerak dalam sepak bola









RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN TENNIS

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand
2. Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8






















RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN TENNIS

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )

1. Bekerjasama dengan teman satu tim
2. Berani menembus pertahanan lawan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati guru
5. Menunjukkan sikap yang sungguh-sungguh

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5









RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar memegang raket untuk melakukan servis dan pukulan forehand dan backhand?
2. Bagaimana cara bermain permainan Bulu Tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi?

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 7.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.**)

Indikator :
1. Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
2. Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
3. Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi
4.
Alokasi Waktu : 1 x (2 x 40 menit) 1 kali pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
2. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
3. Siswa dapat Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi

B. Materi Pembelajaran
Lari jarak Pendek 60 m II

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Resiprocal (Timbal balik)
3. Cakupan
4. Bagian dan keseluruhan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
- Melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
- Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai
E. Sumber Belajar
1. Start Block
2. Lapangan










F. Penilaian

1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
Melakuka Lari jarak Pendek 60 m dengan peraturan yang dimodifikasi
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam lompat jauh gaya jongkok
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal


Nilai akhir siswa : Nilai Psikomotor + Nilai Affektif + Nilai Kognitif










RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR LARI JARAK PENDEK 60 M

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
2. Melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
3. Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12










RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU LARI JARAK PENDEK 60 M

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Mentaati dan melaksanakan peraturan
2 Menghormati guru
3 Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh





RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
GERAK DALAM LARI JARAK PENDEK 60 M

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana cara melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ ) ?
2. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish ?
3. Bagaimana cara melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi ?




Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA ELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 7.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.**)

Indikator :
1. Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
2. Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
3. Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi
5.
Alokasi Waktu : 1 x (2 x 40 menit) 1 kali pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
2. Siswa dapat melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
3. Siswa dapat Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi

B. Materi Pembelajaran
Lari jarak Menengah II

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Resiprocal (Timbal balik)
3. Cakupan
4. Bagian dan keseluruhan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
- Melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
- Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai
E. Sumber Belajar
1. Start Block
2. Lapangan










F. Penilaian

1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
Melakukan Lari jarak menengah dengan peraturan yang dimodifikasi
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam lompat jauh gaya jongkok
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal


Nilai akhir siswa : Nilai Psikomotor + Nilai Affektif + Nilai Kognitif










RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK LARI JARAK MENENGAH

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ )
2. Melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish
3. Melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan yang dimodifikasi

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12










RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU LARI JARAK MENENGAH

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Mentaati dan melaksanakan peraturan
2 Menghormati guru
3 Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh





RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
GERAK DALAM LARI JARAK MENENGAH

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana cara melakukan Variasi Teknik dasar start jongkok menggonakan aba –aba ( bersedia, siap, ya’ ) ?
2. Bagaimana cara melakukan Kombinasi teknik dasar start, lari, dan finish ?
3. Bagaimana cara melakukan lomba lari jarak pendek dengan peraturan ang dimodifikasi ?




Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 7.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.**)

Indikator :
1. Teknik dasar Posisi awal menolak Peluru
2. Variasi dan Kombinasi posisi awal dan gerak ikutan
3. Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan ang dimodifikasi
6.
Alokasi Waktu : 1 x (2 x 40 menit) 1 kali pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Teknik dasar Posisi awal menolak Peluru
2. Siswa dapat melakukan Variasi dan Kombinasi posisi awal dan gerak ikutan
3. Siswa dapat Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan ang dimodifikasi

B. Materi Pembelajaran
Tolak Peluru gaya Membelakang I

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Resiprocal (Timbal balik)
3. Cakupan
4. Bagian dan keseluruhan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Teknik dasar Posisi awal menolak Peluru
- Melakukan Variasi dan Kombinasi posisi awal dan gerak ikutan
- Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan ang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai
E. Sumber Belajar
1. Lapangan
2. Peluru












F. Penilaian

1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Melakukan Variasi dan Kombinasi posisi awal dan gerak ikutan
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan ang dimodifikasi
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam lompat jauh gaya jongkok
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal


Nilai akhir siswa : Nilai Psikomotor + Nilai Affektif + Nilai Kognitif










RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK TOLAK PELURU GAYA MEMBELAKANG

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Melakukan Teknik dasar Posisi awal menolak Peluru
2. Melakukan Variasi dan Kombinasi posisi awal dan gerak ikutan
3. Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan ang dimodifikasi

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12










RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU TOLAK PELURU GAYA MEMBELAKANG

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Mentaati dan melaksanakan peraturan
2 Menghormati guru
3 Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh





RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
GERAK DALAM TOLAK PELURU GAYA MEMBELAKANG

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana cara melakukan Teknik dasar Posisi awal menolak Peluru ?
2. Bagaimana cara melakukan Variasi dan Kombinasi posisi awal dan gerak ikutan ?
3. Bagaimana cara melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan ang dimodifikasi ?




Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 7.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.**)

Indikator :
1. Teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar lempar lembing
3. Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan ang dimodifikasi
7.
Alokasi Waktu : 1 x (2 x 40 menit) 1 kali pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan Teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
2. Siswa dapat melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar lempar lembing
3. Siswa dapat Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan ang dimodifikasi

B. Materi Pembelajaran
Lempar lembing awalan menyamping II

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Resiprocal (Timbal balik)
3. Cakupan
4. Bagian dan keseluruhan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Melakukan Teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
- Melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar lempar lembing
- Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan ang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai
E. Sumber Belajar
1. Lembing
2. Lapangan












F. Penilaian

1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Melakukan Teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan ang dimodifikasi
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam lompat jauh gaya jongkok
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal


Nilai akhir siswa : Nilai Psikomotor + Nilai Affektif + Nilai Kognitif










RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK LEMPAR LEMBING AWALAN MENYAMPING

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Melakukan Teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan
2. Melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar lempar lembing
3. Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan ang dimodifikasi

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12










RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU LEMPAR LEMBING AWALAN MENYAMPING

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Mentaati dan melaksanakan peraturan
2 Menghormati guru
3 Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh





RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
GERAK DALAM LEMPAR LEMBING AWALAN MENYAMPING

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana cara melakukan Teknik dasar memegang lembing, posisi awal melempar, dan gerak ikutan ?
2. Bagaimana cara melakukan Variasi dan kombinasi teknik dasar lempar lembing ?
3. Bagaimana cara melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan ang dimodifikasi ?




Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 8.Mempraktikkan teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 8.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan.**)

Indikator : 1. Melakukan tehnik dasar menolak tanpa awalan
2. Tehnik dasar diudara
3. Tehnik dasar mendarat
4. Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Alokasi Waktu : 1 x (2 x 40 menit) 1 kali pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan tehnik dasar lompat jauh gaya melenting dengan benar
- Melakukan tehnik dasar menolak tanpa awalan
- Tehnik dasar di udara
- Tehnik dasar mendarat
2. Siswa dapat melakukan lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi

B. Materi Pembelajaran
Lompat jauh gaya melenting I
- Melakukan tehnik dasar menolak tanpa awalan
- Melakukan tehnik dasar di udara dan tehnik dasar mendarat
- Melakukan lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Resiprocal (Timbal balik)
3. Cakupan
4. Bagian dan keseluruhan
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Menolak tanpa awalan memakai salah satu kaki yang terkuat dengan posisi diudara dan mendarat menggunakan 2 kaki secara bersama-sama
- Melakukan lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai
E. Sumber Belajar
1. Bak lompat
2. Bendera
3. Meter
4. Perata pasir
5. Cangkul





F. Penilaian

4. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Melakukan tehnik dasar menolak tanpa awalan dengan gaya diudara dan pendaratan
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
Melakukan Lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam lompat jauh gaya jongkok
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal


Nilai akhir siswa : Nilai Psikomotor + Nilai Affektif + Nilai Kognitif










RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
5. Tehnik awalan
6. Tehnik Tumpuan
7. Tehnik diudara
8. Tehnik mendarat
9. Perpaduan dari ke empat tehnik dasar
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20 ( 5 X 4 )









RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Mentaati dan melaksanakan peraturan
2 Menghormati guru
3 Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh





RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN KONSEP
GERAK DALAM LOMPAT JAUH GAYA MELENTING

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
10. Bagaimana posisi kaki pada waktu menumpu
11. Bagaimana posisi badan saat diudara
12. Bagaimana posisi badan pada waktu mendarat



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan mlai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 7.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela diri lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan dan percaya diri**)
Indikator :
1. Variasi dan kompinasi gerak langkah
2. Variasi dan kombinasi kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
3. Melakukan gerak berpasangan dengan pukulan dan tangkisan untuk menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan
4. Memahami gerak langkah kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah
2. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi kuda-kuda, pukulan tangkisan dengan benar
3. Siswa dapat melakukan gerak berpasangan dengan pukulan, tangkisan untuk menanamkan nilai-nilai keberanian dan menghargai lawan
4. Siswa dapat memahami gerak langkah kuda-kuda, pukulan & tangkisan
B. Materi Pembelajaran
Pencak Silat IV
- Variasi dan kombinasi gerak langkah
- Variasi dan kombinasi kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
- Melakukan gerak berpasangan, pukulan, tangkisan untuk menanamkan nilai-nilai keberanian dan menghargai lawan
- Mengidentifikasi gerak langkah kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive (Cakupan)
- Demontrasi
- Resiprocal (timbal balik)
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Variasi dan kombinasi gerak langkah
- Variasi dan kombinasi kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
- Melakukan gerak berpasangan pukulan dan tangkisan untuk menanamkan nilai keberanian dan menghargai lawan
- Memahami dan mengidentifikasi gerak langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )

E. Sumber Belajar
- Ruang
- Buku teks
- Stopwatch
F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan gerakan variasi dan kombinasi langkah-langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan

☻ Afektif
- Lakukan variasi dan kombinasi langkah-langkah, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan

☻ Kognitif
- Identifikasi gerak, kuda-kuda, pukulan dan tangkisan








RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PENCAK SILAT

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Posisi awal kaki saat akan melangkah
2. posisi kaki saat melangkah
3. posisi kaki saat melangkah kuda-kuda
4. Gerakan tangan saat melakukan pukulan
5. Gerakan tangan saat melakukan tangkisan
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 44






























RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM TEHNIK DASAR PENCAK SILAT

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Melakukan gerak, pukulan, tangkisan dengan berpasangan
2. Mentaati peraturan
3. Menghormati guru
4. Menunjukkan sikap sungguh-sungguh
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5






RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM TEHNIK DASAR PENCAK SILAT

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana posisi kaki saat kuda-kuda
2. Bagaimana pukulan yang benar
3. Bagaimana tangkisan yang benar
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12







Kediri, 01 juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/ 2 (dua)

Standar Kompetensi : 8. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 8.2 Mempraktikkan latihan kecepatan dan kelincahan anggota badan bagian bawah serta nilai disiplin dan tanggung jawab
Indikator : Melakukan bentuk latihan shuttle run
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat melakukan latihan shuttle run
B. Materi Pembelajaran : Kebugaran Jasmani IV
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Belajar tuntas
- Resiprocal
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Penjelasan konsep kesegaran
- Melakukan bentuk latihan Shuttle Run
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )
E. Sumber Belajar
- Lapangan / aula
- Pancang
- Buku teks dan referensi
F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
- Tes kinerja (psikomotor)
- Pengamatan sikap
- Kuis (kognitif)
2. Rubrik Penilaian
- Tes kinerja




RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA LATIHAN KEBUGARAN

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Sikap badan saat lari
2. Gerakan kaki saat melintas pancang
3. Gerakan kaki saat melintas pancang
4. Kecepatan lari melewati pancang
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20 ( 4 x 5 )
RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM LATIHAN KEBUGARAN

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Saling tolong dengan teman
2. Memberi semangat kepada teman
3. Mentaati peraturan
4. Berlaku jujur
5. Kesungguhan melakukan aktifitas
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5







RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP LATIHAN KEBUGARAN

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
Pertanyaan yang diajukan
1. Sebutkan bentuk latihan kecepatan dan kelincahan tubuh bagian bawah
2. Bagaimana agar dapat melakukan Shuttle Run
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 10 ( 2 x 5 )














Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 9. Mempraktikkan teknik dasar senam lantai dan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 9.1 Mempraktikkan teknik dasar senam lantai meroda dan guling depan serta nilai-nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Indikator : 1. Melakukan teknik dasar meroda dan guling depan secara berpasangan
2. Melakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting secara berpasangan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan teknik dasar meroda dan guling depan secara berpasangan
2. Siswa dapat melakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting secara berpasangan

B. Materi Pembelajaran
Senam Lantai III

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demontrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
5. Cakupan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
• Berbaris, berdo’a, presesi dan pemanasan
• Memberikan motivasi dan tujuan pembelajaran
• Melakukan teknik dasar meroda dan guling depan secara berpasangan
• Melakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting secara berpasangan
• Pendinginan, duduk santai, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat, selesai

E. Sumber Belajar
1. Ruang terbuka / Aula
2. Matras
3. Buku Penjas
4. Gambar posisi guling depan dan berdiri








F. Penilaian
2. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan teknik dasar meroda dan guling depan
Lakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
Melakukan teknik dasar meroda dan guling depan
Melakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan dengan benar pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerakan guling depan posisi jongkok dan guling depan posisi berdiri
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal






RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SENAM LANTAI

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. teknik dasar meroda dan guling depan secara individu dan berpasangan
2. teknik dasar guling depan dan guling lenting secara berpasangan
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8 ( 2 X 4 )













RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU AKTIVITAS SENAM LANTAI

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Keberanian dalam melakukan teknik dasar meroda dan guling depan
2 Keberanian dalam melakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 2








RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM SENAM LANTAI

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana cara melakukan teknik dasar meroda dan guling depan ?
2. Bagaimana cara melakukan teknik dasar guling depan dan guling lenting ?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8






Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/1 (satu)

Standar Kompetensi : 10. Mempraktikkan senam irama dengan alat dan nilai-
nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 10.1 Mempraktikkan Variasi gerakan mengayun ke berbagai arah serta nilai-nilai kedisiplinan, keberanian dan tanggung jawab

Indikator : 1. Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang ) sesara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai keberanian dan tanggung jawab
2. Melakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang ) secara berpasangan atau kelompok

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang )
2. Siswa dapat melakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang )

B. Materi Pembelajaran
Senam Irama dengan alat ( tongkat ) II

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demontrasi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
5. Cakupan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
• Berbaris, berdo’a, presesi dan pemanasan
• Memberikan motivasi dan tujuan pembelajaran
• Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang )
• Melakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang )
• Pendinginan, duduk santai, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat, selesai

E. Sumber Belajar
1. Ruang terbuka / Aula
2. Matras
3. Buku Penjas
4. Gambar posisi guling depan dan berdiri







F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang )
Lakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang )
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
- Melakukan dengan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang ) teknik yang benar
- Melakukan dengan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang ) teknik yang benar
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
Menjawab secara lisan dengan benar pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerakan guling depan posisi jongkok dan guling depan posisi berdiri
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal






RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR SENAM IRAMA DENGAN ALAT

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang )
2. Melakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang )
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8 ( 2 X 4 )













RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU AKTIVITAS SENAM IRAMA DENGAN ALAT

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1 Keberanian dalam melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang )
2 Keberanian dalam melakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang )
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 2








RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM SENAM IRAMA DENGAN ALAT

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana cara melakukan variasi teknik dasar mengayun tongkat (depan, samping, dan belakang ) ?
2. Bagaimana cara melakukan variasi teknik dasar memutar tongkat ( depan, samping dan belakang ) ?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8






Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 11. Mempraktikkan tehnik dasar renang gaya bebas , serta nilai- nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar : 11.1 Mempraktikkan koordinasi tehnik dasar meluncur lanjutan, gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
Indikator : Koordinasi tehnik dasar meluncur gerakan kaki, lengan gaya bebas
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan koordinasi tehnik dasar meluncur gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas
B. Materi Pembelajaran
Renang gaya Bebas II
C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Komando
- Belajar tuntas
- Resiprocal (timbal-balik)
- Komando
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Disiapkan, berdo’a, presensi dan pemanasan (10 menit)
- Pemberian motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran (10 menit)
- Melakukan aktivitas koordinasi tehnik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan renang gaya bebas
- Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a, istirahat selesai ( 10 menit )
E. Sumber Belajar
- Kolam renang
- Pelampung
- Buku referensi
- Buku teks
F. Penilaian
1 Teknik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
Lakukan aktivitas koordinasi tehnik dasar meluncur, gerakan kaki, lengan renang gaya bebas
Keterangan.
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Afektif
- Melakukan aktivitas koordinasi tehnik dasar meluncur, gerakan kaki, dan lengan renang gaya bebas dengan sungguh-sungguh
Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menamplkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
- Jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan pertanyaan mengenai konsep koordinasi tehnik dasar meluncur, gerakan kaki dan lengan renang gaya bebas
Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal


Nilai akhir siswa : Nilai Psikomotor + Nilai Affektif + Nilai Kognitif




RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEHNIK DASAR RENANG GAYA BEBAS

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Sikap meluncur
2. Posisi kaki saat melakukan gerakan renang gaya bebas
3. Posisi lengan saat melakukan gerakan renang gaya bebas
4. Posisi tubuh saat di permukaan air
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16 x (4x4)





























RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM RENANG GAYA BEBAS

PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Perilaku yang diharapkan
2. Saling menolong dengan teman
3. Memberi semangat pada teman
4. Menunjukkan keyakinan diri
5. Kesungguhan dalam melakukan aktivitas
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 5





RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK KOORDINASI RENANG GAYA BEBAS

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4
1. Bagaimana sikap kaki saat renang gaya bebas ?
2. Bagaimana sikap lengan saat renang gaya bebas ?
3. Bagaimana sikap tubuh saat mengambil nafas ?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12 (3x4)




Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATAPELAJARAN
KEPALA SEKOLAH





Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan)/2 (dua)

Standar Kompetensi : 12. Mempraktikkan penjelajahan di sekitar sekolah dan nilai – nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi Dasar : 12.1 Mendiskripsikan perencanaan kegiatan penjelajahan secara sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, Etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan

Indikator : 1. Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan secara kelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, Etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan
2. Melakukan penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, Etika, memperhatikan keselamatan dan kebersihan lingkungan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran :
a. Peserta didik dapat Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan
b. Peserta didik dapat Melakukan penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok

B. Materi Pembelajaran :
Keterampilan dasar berkemah

C. Metode Pembelajaran ;
a. Observasi
b. Demonstrasi
c. Belajar tuntas
d. Penugasan

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi
- Memberi motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
- Peserta didik diberikan tugas Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan
- Peserta didik diberikan tugas Melakukan penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok
- Peserta didik dikumpulkan, duduk santai, evaluasi, berdo’a, selesai

E. Sumber Belajar
- lapangan/aula/gedung/tempat yang memadai
- Tenda, pasak, tongkat, tali
- Buku teks
- peluit, stop watch






F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
- Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan

Keterangan :
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal



☻ Pengamatan Sikap/Afektif
- Melakukan penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok

Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal
☻ Kognitif
- jawab secara lisan atau peragaan dengan baik, pertanyaan mengenai konsep mengidentifikasi tempat dan cara memasang tenda

Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal






RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA AKTIFITAS PERKEMAHAN

Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4
1. Melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan
2. Melakukan penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok





JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 8







RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU AKTIFITAS PERKEMAHAN

No PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK
(√ )
1 Kerjasama dengan teman/berpasangan dalam kelompok
2 Memberi motifasi pada teman
3 Mentaati petunjuk pelaksanaan/disiplin
4 Minat/kesungguhan dalam mendirikan tenda secara kelompok

JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 4



RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM PERKEMAHAN

Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Jelaskan cara melakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajahan ?

2. Jelaskan cara melakukan penjelajahan di sekitar sekolah secara kelompok ?













JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 12






Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP : SMP Katolik Mardi Wiyata

Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Kelas/Semester : VIII (delapan )/2 (dua)

Standar Kompetensi : 13. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar : 13.1 Melakukan Identifikasi berbagai penyakit tidak menular

Indikator :
1. Mengidentifikasi macam – macam penyakit tidak menular
2. Mengidentifikasi penyebab penyakit tidak menular
3. Mengidentifikasi gejala penyakit tidak menular

Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat melakukan identifikasi macam – macam penyakit tidak menular
b. Siswa dapat melakukan identifikasi penyebab penyakit tidak menular
c. Siswa dapat melakukan identifikasi gejala penyakit tidak menular
B. Materi Pembelajaran
Kesehatan IV

C. Metode Pembelajaran
- Inclusive
- Timbal balik
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
- Berdo’a, presentasi
- Menjelaskan macam - macam penyakit tidak menular
- Menjelaskan penyebab penyakit tidak menular
- Menjelaskan gejala penyakit tidak menular
E. Sumber Belajar
- Buku referensi
- Buku Teks ( M. Roji, E. Kosasih )
F. Penilaian
1. Tehnik Penilaian
☻ Tes Psikomotor
- Menjelaskan macam - macam penyakit tidak menular
Keterangan :
Rentang skor antara 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 50
Jumlah skor maksimal

☻ Tes Afektif
- Menjelaskan macam - macam penyakit tidak menular

Keterangan :
Memberi tanda cek (√ ) pada kolom yang sudah ada, setiap peserta tes menunjukkan / menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mendapat skor 1
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 30
Jumlah skor maksimal




☻ Kognitif
- Jawab secara lisan pertanyaan mengenai kesehatan

Keterangan :
Memberi penilaian terhadap kualitas jawaban peserta tes dengan skor 1 sampai dengan 4
NILAI = Jumlah skor yang diperoleh X 20
Jumlah skor maksimal





RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA DALAM KESEHATAN


Aspek Yang Dinilai Kualitas Gerak
1 2 3 4

1. Menjelaskan Macam - Macam penyakit tidak menular
2. Menjelaskan penyebab penyakit tidak menular
3. Menjelaskan gejala penyakit tidak menular
JUMLAH
Skor maksimal 12











RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM KESEHATAN


PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK (√ )
1. Perhatian siswa terhadap guru saat menerima materi pelajaran
2. Kesungguhan siswa dalam memperhatikan instruksi guru sehubungan dengan anjuran mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi
3. Ketaatan siswa untuk memenuhi anjuran guru agar memperhatikan rentang waktu antara mengkonsumsi makanan dan melakukan aktivitas
Jumlah skor Maksimal 3






RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP DALAM KESEHATAN


Pertanyaan yang diajukan Kualitas Jawaban
1 2 3 4

1. Sebutkan macam – macam penyakit tidak menular ?
2. Sebutkan penyebab penyakit tidak menular ?
3. Sebutkan gejala penyakit tidak menular ?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL



Kediri, 01 Juli 2010
MENGETAHUI, GURU MATA PELAJARAN
KEPALA SEKOLAH




Johanes Slamet, S.Pd Bagyo Rahartono, S.Pd
NIP. 1955511111986031009 NIY. 1092

0 komentar:

Posting Komentar